Keroppie

Wisdom Teeth, Si Gigi Bungsu.....

Kamis, 23 Februari 2017


Hai! Udah lama yaa nggak ngepost ugh. Terlalu sibuk karna baru selesai UTS huhu. Oke! Kali ini aku mau ngepost sesuatu. Berawal dari nonton pembahasan materi dizenius tentang pencernaan dan akhirnya kak pras bahas tentang "Wisdom Teeth". Karena semakin penasaran akhirnya search di Google dan nemu deh. oke langsung aja xD


Jadi apa itu Wisdom Teeth?
Wisdom Tooth atau di Indonesia dikenal sebagai gigi geraham bungsu. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut wisdom teeth, karena biasanya tumbuh pada saat seseorang berusia antara 17 hingga 21 tahun ataupun lebih tua, sehingga dianggap sudah cukup untuk mendapatkan beberapa "kebijaksanaan".Nah pada saat tumbuh, biasanya menyebabkan sakit yang luar biasa.. dan kita minta ke dokter gigi.




Apa saja gejala yang dapat timbul pada gigi bungsu yang bermasalah?
Gigi bungsu tidak menimbulkan gejala apapun kalo dalam keadaan normal. Tapi ada beberapa gejala yang menandakan gigi bungsu Anda perlu dicabut:
1.Terasa nyeri atau terasa kaku pada rahang di sekitar gigi bungsu, sehingga terasa sulit dan atau sakit saat membuka mulut.
2.Terasa nyeri atau iritasi pada gigi yang datang pada posisi salah saat menggosok pipi, lidah, bagian atas dan bawah mulut.
 3. Terjadi pembengkakan yang terinfeksi pada jaringan gusi di atas gigi yang telah menembus gusi.
4.Timbulnya karies gigi (lubang gigi) pada gigi bungsu yang baru tumbuh maupun pada gigi geraham di depan gigi bungsu akibat dari posisi gigi bungsu yang miring.
Type of impactions ( Klasifikasinya)

Nah, ternyata dokter gigi menggunakan sejumlah istilah untuk menggambarkan posisi gigi bungsu tersebut. Apa aja? mesial, distal, horisontal, vertikal, soft tissue, dan Bony!

a) mesial, vertikal, horisontal dan distal.

Istilah-istilah ini digunakan untuk menurut pada angulasi umum (positioning) gigi.

1. Mesial

Nah "mesial" (aka clinger) berarti bahwa gigi ini adalah gigi yangmiring ke depan, ke arah depan mulut. Ini adalah jenis yang paling umum dari si gigi bungsu!

2. Distal


yang kedua yaitu Distal (juga disto-sudut) memiliki angulasi(? yang umumnya diarahkan ke arah belakang mulut. liat gambar deh lebih jelasnya:")

3. Horizontal


Horisontal memiliki keselarasan di mana gigi berbaring di sisinya. Hati-hati kalo tumbuh bisa ninju(? gigi lainnya dan harus dioperasi

4. Vertikal
Nah gigi vertikal inisih memiliki orientasi yang relatif normal.

Dalam kombinasi dengan klasifikasi di atas, gigi bungsu juga dikategorikan sebagai jaringan lunak atau impaksi tulang.

b. Soft tissue and bony wisdom teeth

1. Soft Tissue

Sebuah "soft tissue" ini adalah salah satu di mana bagian atas dari gigi bungsu (mahkota giginya) ini telah menembus melalui tulang tetapi belum sepenuhnya keluar melalui jaringan gusi. lebih jelasnya liat gambar

2. Bony

sedangkan Bony liat aja masih nunjukkin giginya itu  masih terletak terutama didalam tulang rahang.

Terus bagaimana cara mengatasi Wisdom Tooth yang bermasalah ?
Cara untuk mengatasinya tergantung dari masing-masing kasus, salah satunya dengan mengangkat gigi tersebut.
Pengangkatan itu sendiri bisa dengan pencabutan biasa tapi seringkali dengan tindakan operasi kecil.
                        
Kapan waktu yang tepat untuk mengangkat gigi ini?
Waktu yang tepat adalah pada saat berusia 16-18 tahun walaupun gigi ini belum menimbulkan masalah.
Ini disebabkan karena pada usia muda pengangkatan gigi ini lebih mudah dan lebih cepat sembuh. Sedangkan bila usia di atas 40 tahun, terdapat resiko komplikasi dan proses penyembuhannya juga lebih lama.


Kalau gigi saat ini tidak bermasalah apakah perlu dilakukan tindakan juga?
Walaupun gigi ini tidak menimbulkan masalah, sebaiknya gigi ini segera diangkat karena biasanya gigi tersebut akan menimbulkan masalah pada saat-saat yang tidak diinginkan (seperti pada saat ujian, masa kehamilan, atau pernikahan).

Bagaimana kalau gigi tersebut tidak diangkat ?
Jika Wisdom Tooth yang bermasalah ini tidak diangkat maka masalah-masalah seperti radang gusi, pipi bengkak, infeksi tulang, kista,tumor,gigi didepannya berlubang,sakit pada wajah,sakit kepala,pegal pundak dan tengkuk,gangguan telinga dll dapat muncul satu per satu dan bila semakin lama dibiarkan akan semakin berat.

Dah itu aja. sampai jumpa dipostan berikutnya xD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS